Training Motivasi ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka membangun semangat bagi mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat dalam menjalani masa perkuliahan dan kepengurusan periode ini agar memiliki prestasi yang lebih baik lagi.
Kegiatan ini diharapkan bisa mendorog berkembangnya jiwa kepemimpinan dan terbangunnya pondasi untuk mewujudkan prestasi sebagai mahasiswa yang semangat dan memiliki potensi diri untuk bisa lebih baik. Pada tujuan jangka panjangnya diharapkan terbentuknya iklim berorganisasi yang sehat dan dinamis, dimana terjalinnya hubungan yang sangat harmonis antar pengurus dengan etika dan moral yang baik. Pengurus HIMATIKA ”REAL” FMIPA UNLAM juga diharapkan mampu memiliki manajemen dan gerakan yang solid sebagai salah satu unsur yang menunjang keberhasilan gerakan kepengurusan HIMATIKA ”REAL” FMIPA UNLAM serta terciptanya rasa kebersamaan dan tumbuhnya rasa kekeluargaan diantara pengurus HIMATIKA ”REAL” periode 2014.
            Training Motivasi ini dilaksanakan Sabtu tanggal 15 Maret 2014, pukul 08.00 WITA-selesai, yang bertempat di ruang 2.4-2.5 FMIPA UNLAM, Banjarbaru dengan pemateri pertama Bapak Muhyidin yang menyampaikan materi Etika dan Moral “Mahasiswa sebagai Penerus Bangsa yang Beretika dan Bermoral” . Selanjutnya pemateri kedua adalah Aditya Warman, S.Si. yang membawakan materi mengenai Akademik dan Organisasi  ”Mengapa nilai menjadi batu sandungan di saat organisasi mesti jalan?”. Kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.