SIGMA 2014 ini merupakan ajang dalam penyaluran bakat, minat dan kreativitas pelajar, mahasiswakhususnya dan masyarakat luaspada umumnya.HIMATIKA “REAL” mencoba memandang masalah-masalah berupa kurangnya peluang-peluang untuk meningkatkan bakat dan minat pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum dalam sains, olahraga dan seni yang berupa kompetisi-kompetisi dalam meningkatkan kreativitas dan sportivitas. Dalam pelaksanaannya, untuk bidang olahraga ini HIMATIKA “REAL” bekerjasama dengan MIPA Sport Corner (MSC) yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di FMIPA UNLAM.
Pada rangkaian acara SIGMA 2014ini akan dilaksanakan pula kegiatan lomba sains yang diikuti oleh anak-anak panti asuhan sebagai kepedulian terhadap sesama.
Dengan dasar pemikiran itulah, maka Himpunan Mahasiswa Matematika HIMATIKA “REAL” FMIPA UNLAMmengadakan acara SIGMA 2014 beserta kegiatan-kegiatan didalamnya  dengan harapan dapat menjadi pelopor dalam penyajian lomba seni, olahraga dan sains dalam bentuk kegiatan yang inovatif dan kreatif. Tentu saja untuk mewujudkan tujuan tersebut, diperlukan kebersamaan dan dukungan dari semua pihak.Oleh karena itulah besar harapan kami kepada Bapak/ Ibu/ Saudara untuk bisa ikut serta dalam membantu melengkapi kekurangan dan memberikan bantuan kepadakami baik moril maupun materil.
Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28 April 2014 s/d 31 Mei 2014 dengan rangkaian acara adalah lomba olahraga, lomba sains dan lomba seni. Lomba olahraga diikuti oleh semua program studi fakultas MIPA Unlam, lomba sains dan seni diikuti oleh Siswa SMA dan TK. Ketua pelaksana kegiatan ini M. Fajar Shiddiq.