“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkanataskamuberpuasa, sebagaimandiwajibkanatas orang-orang sebelumkamu, agar kamubertaqwa (183).(yaitu) dalambeberapahari yang tertentu. Makabarangsiapadiantarakamuada yang sakitataudalamperjalanan (laluiaberbuka), maka (wajiblahbaginyaberpuasa) sebanyakhari yang ditinggalkanitupadahari-hari yang lain. Dan wajibbagi orang-orang yang beratmenjalankannya (jikamerekatidakberpuasa) membayarfidyah, (yaitu): memberimakanseorangmiskin. Barangsiapa yang dengankerelaanhatimengerjakankebajikan, makaitulah yang lebihbaikbaginya.Dan berpuasalebihbaikbagimujikakamumengetahui (184).bulanRamadhan, bulan yang di dalamnyaditurunkan (permulaan)Al Quran sebagaipetunjukbagimanusiadanpenjelasan-penjelasanmengenaipetunjukitudanpembeda (antara yang hakdan yang bathil).Karenaitu, barangsiapa di antarakamuhadir (di negeritempattinggalnya) di bulanitu, makahendaklahiaberpuasapadabulanitu, danbarangsiapasakitataudalamperjalanan (laluiaberbuka), maka (wajiblahbaginyaberpuasa), sebanyakhari yang ditinggalkannyaitu, padahari-hari yang lain. Allah menghendakikemudahanbagimu, dantidakmenghendakikesukaranbagimu. Dan hendaklahkamumencukupkanbilangannyadanhendaklahkamumengagungkan Allah ataspetunjuk-Nya yang diberikankepadamu, supayakamubersyukur(185).”(Q.S Al-Baqarah :183-185 )
Banyak sekali manfaat dan hikmah yang terkandung dalam pelaksanaan acara Buka Puasa di Bulan Ramadhan sehingga melatarbelakangi HIMATIKA “REAL” FMIPA UNLAM untuk melaksanakan acara ini. HIMATIKA “REAL” sebagai wadah organisasi mahasiswa matematika FMIPA UNLAM mengadakan kegiatan Buka Puasa di Bulan Ramadhan (BUNDHA). 
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 juli 2014 di ruang 2.4-2.5 gd. 1 Fakultas MIPA unlam Banjarbaru dengan ketua kegiatan Mahrita Sari.